Ezer Kenegdo

Ringkasan Khotbah Minggu 16 Nopember 2014

Leave a comment

Nas: Zefanya 1:7+12-18 (Hari Tuhan sudah dekat)

Hari TUHAN merupakan hari penghakiman Tuhan di akhir zaman, hal ini menunjukkan sikap Tuhan atas segala tindakan dosa yang sudah berlangsung selama ini. Zefanya mengungkapkan penghukuman yang dahsyat dari hari TUHAN yang hebat itu di dalam kitabnya, ketika segala sesuatu di dunia ini digoncangkan dengan kemusnahan pada hari TUHAN (Zefanya 1:2-3; 14-18). Hari TUHAN yang akan terjadi pada akhir zaman menunjuk kepada kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya. “Maksud Tuhan Yesus Kristus akan datang kedua kalinya ialah: untuk mengadili umat manusia dan dengan kuasa-Nya Ia memperbarui seluruh kosmis.

Orang percaya diingatkan bahwa kedatangan Kristus sebagai Hakim harus didahului oleh kehancuran yang bersifat kosmis. Kedua benda penerang yaitu matahari dan bulan akan menjadi gelap, bintang-bintang juga akan jatuh dari langit, dan umat manusia pun akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Kedatangan Tuhan Yesus itu tidak ada yang mampu meramalkan kapan terjadi, sehingga banyak orang yang takut dengan hal ini. Misalnya : Sekte Kuil Rakyat (Peoples Temple) yang merasa takut akan hari Tuhan ini, maka pemimpin sektenya yang bernama Jim Jones mengajak anggota jemaatnya untuk melakukan bunuh diri massal pada tanggal 18 Nopember 1978, sehingga korban yang meninggal dari sekte ini mencapai 914 orang. Orang yang takut dengan datangnya akhir zaman semakin bertambah, mereka mengakhiri hidupnya dengan cara membakar diri di gereja.

Ada dua pesan bagi kita: Pertama: Hari Tuhan sangatlah menakutkan bagi orang-orang yang berdosa, Mengapa hari Tuhan itu menakutkan dan menyusahkan ? Karena pada hari Tuhan, manusia akan diadili, manusia akan mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di dunia ini. Tidak ada yang dapat menyelamatkan/melepaskan mereka dari pengadilan Tuhan. Kekayaan, emas dan perak maupun hak-hak istimewa yang dibanggakan tidak akan dapat menyelamatkan dari api kecemburuan Tuhan, dan api ini akan menimpa semua orang tanpa pandang bulu. Bahkan seorang pahlawanpun akan menangis. Darah orang-orang berdosa/orang-orang yang tidak percaya akan tercurah seperti debu
Kedua: Hari Tuhan akan menjadi sukacita bagi orang-orang yang percaya dan setia kepada Tuhan. Sebab Tuhan akan menjadikan langit dan bumi yang baru, sehingga manusia akan menikmati syalom Allah. Pada hari Tuhan, Ia akan memulihkan seluruh aspek kehidupan. Oleh karena itu, dalam penantian kita akan hari Tuhan janganlah bersifat pasif, tetapi tetaplah hidup di dalam tindakan kasih yang didasarkan pada karya penebusan Kristus.

Selamat beribadah buat kita semua…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s