Ezer Kenegdo

Renungan hari Senin 20 Oktober 2014: Berbahagialah…

Leave a comment

Lukas 6:20: Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya dan berkata:”Berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerajaan Allah (Dungi dibereng ma angka siseanna, huhut ma didok: Martua ma hamu angka na pogos, ai dihamu do harajaon ni Debata).

Luke 6:20 Looking at his disciples, he said: “Blessed are you who are poor, for yours is the kingdom of God.

Orang miskin pastilah susah dan menderita karena secara ekonomis serba kekurangan. Tetapi mengapa Yesus mengatakan orang miskin berbahagia ? Yesus menyebutkan “berbahagia” orang-orang yang miskin dan berkekurangan. Berbahagia berasal dari kata Yunani Makarios yang arti luasnya disebut dengan “terberkati”. Orang yang terberkati pasti berbahagia sekalipun banyak masalah, bahkan menanggung beban pederitaan.

Orang-orang miskin atau orang-orang yang berkekurangan adalah mereka yang tidak dapat mengandalkan dan tidak dapat memegahkan sesuatu kepunyaan mereka, baik dalam hal jasmaniah maupun dalam hal rohaniah, sedangkan orang-orang yang sudah merasa paling rohani-kaya rohani maka mereka tidak lagi mencari Tuhan Yesus. Orang-orang miskin yang dimaksud adalah orang-orang yang hanya dengan rendah hati dapat berharap dari pertolongan Allah, kepada orang-orang seperti inilah disediakan kerajaan Allah sebab pintu menuju kerajaan Allah adalah sedemikian kecil, sehingga setiap orang yang mau masuk harus merendahkan dan membungkukkan diri untuk masuk melalui pintu itu.

Namun bukan berarti Yesus mencela kekayaan dan menyatakan kemiskinan sebagai keutamaan. Melainkan Yesus menginginkan agar orang-orang miskin tetap berharap akan kebahagiaan sekalipun hidup di dalam kekurangan dan kemiskinan. Yesus juga mau melawan pendapat yang menyatakan bahwa orang yang menjadi miskin pasti karena hukuman atas dosa-dosanya. Yesus juga tidak membenci orang-orang kaya, sebab orang kaya pun akan masuk Kerajaan Allah kalau ia tidak menjadikan kekayaannya sebagai sumber penghiburan dan jaminan hidupnya, tetapi memandangnya sebagai pemberian Allah yang dapat dipakai untuk melakukan kehendak-Nya.

Selamat pagi dan selamat memulai aktifitas dalam satu minggu ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s