Ezer Kenegdo

Renungan hari Sabtu 18 Oktober 2014: Janganlah Kamu Bodoh

Leave a comment

Efesus 5:17: Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan (Dibahen i, unang ma gabe maoto hamu; alai antusi hamu ma, manang dia lomo ni roha ni Tuhan i).

Ephesians 5:17 Therefore do not be foolish, but understand what the Lord’s will is.

Kata bodoh berarti tidak mudah memahami, tidak mudah mengerti atau tidak dapat mengerjakan, tidak berpengetahuan atau rendah pendidikan. Bodoh dalam Alkitab tidak menunjuk kepada rendahnya IQ sesorang, bahkan sebaliknya. Sedikit sekali Alkitab memakai kata bodoh untuk menunjukkan ketidakmampuan berpikir. Namun, Alkitab menyebut mereka bodoh adalah karena mereka percaya dan menggantungkan hidup mereka kepada kekayaan mereka dan bukan kepada Tuhan. Misalnya: Orang kaya yang bodoh, yang menggantungkan hidupnya kepada kekayaannya (Luk.12:13-21), orang yang bodoh yaitu orang yang mendengar firman-Nya tetapi tidak melakukannya, sama seperti orang yang mendirikan rumah di atas pasir. Ketika hujan dan badai datang maka rubuhlah rumah itu (Mat.7:26-27). Begitu juga tentang gadis-gadis yang bodoh yang telah membawa pelita mereka, tetapi tidak membawa persediaan minyak (Mat. 25:1-13).

Paulus mengingatkan jemaat Efesus dan juga mengingatkan kita : “Janganlah kamu bodoh”. Tetapi hiduplah seperti orang arif, yang bijaksana, yang berhikmat, yang takut akan Tuhan. Orang seperti inilah yang mengerti kehendak Tuhan, ia juga akan dapat mempergunakan waktunya dengan baik, untuk Tuhan dan untuk dirinya (Pekerjaan, keluarga dan sesamanya). Dan ketahuilah, setiap orang yang melakukan kehendak Tuhan, dialah saudara Yesus (Mat.12:50).

Selamat pagi dan selamat mengikuti ibadah besok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s