Ezer Kenegdo

Renungan hari Rabu 15 Oktober 2014: Hanya Pada Tuhan Ada Keselamatan

Leave a comment

Yeremia 3:23: Sesungguhnya, bukit-bukit pengorbanan adalah tipu daya, yakni keramaian di atas bukit-bukit itu! Sesungguhnya, hanya pada Tuhan, Allah kita, ada keselamatan Israel! (Tongon tahe, ndang adong hirimon hatuaon sian angka robean, manang sian angka dolokdolok, ai holan sian Jahowa Debatanta ro hatuaon ni Israel).

Jeremiah 3:23 Truly, in vain is salvation hoped for from the hills, And from the multitude of mountains; Truly, in the LORD our God Is the salvation of Israel.

Yeremia mengingatkan mereka untuk kembali kepada Tuhan, dengan menjauhkan dewa-dewa yang menjijikkan itu. Mereka kembali kepada Tuhan dengan cara mau hidup di dalam kesetiaan, keadilan dan kebenaran. Sebab Sesugguhnya bukit-bukit pengorbanan yaitu tempat-tempat di mana korban dipersembahkan kepada Baal, semuanya itu adalah tipu daya yang tidak dapat memberikan berkat apalagi memberikan keselamatan.

Kepada siapakah kita bersandar saat ini ? Manusia tidak dapat mengandalkan kekuatannya dunia dan segala isinya tidak ada yang kekal. Namun saat ini, manusia masih lebih bersandar kepada kekuatan-kekuatan dunia ini (kekayaan, jabatan-kekuasaan, dll) yang menjulang tinggi seperti gunung-gunung yang kokoh dan tinggi yang kelihatannya mampu menolong kita dan sering kita banggakan. Namun Wahyu 16:20 mengatakan, “ Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung”. Tetapi keselamatan yang sesungguhnya hanya pada Tuhan Yesus Kristus. Dialah sumber pertolongan yang jauh lebih hebat dari gunung-gunung yang kelihatan, Dialah satu-satunya penolong hidup kita. Firman-Nya sangat jelas menyatakan, “ Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Mat.1:21). Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kis.4:12).

Selamat pagi dan selamat berkarya untuk Tuhan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s