Ezer Kenegdo

Renungan hari Kamis 16 Oktober 2014: Janganlah Memegahkan Diri

Leave a comment

I Raja-raja 20:11: Tetapi Israel menjawab, katanya:”Katakanlah! Orang yang baru menyandangkan pedang janganlah memegahkan diri seperti orang yang sudah menanggalkannya” ( Dungi ninna raja ni Israel ma mangalusi, dok hamu ma tu rajai: Ndang jadi nian manenganenga halak na manandang podangna, hira songon halak naung mambahen sinjatana tu rompean).

1 Kings 20:11 The king of Israel answered, “Tell him: ‘One who puts on his armor should not boast like one who takes it off.'”

Memegahkan diri suatu sifat yang tidak disukai Tuhan, karena hal itu bisa juga merendahkan orang lain dan menonjolkan dirinya sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Benhadad, raja Aram. Ia menantang raja Ahab, “Emasmu dan perakmu adalah milikku, dan juga isteri-isteri dan anak-anakmu yang cantik-cantik adalah milikku”. Ketika raja Ahab menyetujui perkataan Benhadad, tak lama kemudian Benhadad menantang raja Ahab untuk kedua kalinya. Tetapi Raja Ahab meminta nasehat dari para tua-tua negeri itu tentang tantangan Benhadad, mereka menjawab, “jangan dengarkan, jangan luluskan”. Maka ketika Benhadad menantang raja Ahab kembali, “Katakanlah! Orang yang baru menyandangkan pedang janganlah memegahkan diri seperti orang yang sudah menanggalkannya” (Raja Benhadad adalah raja yang muda yang baru memiliki pengalaman di dalam memimpin bangsanya, namun perkataannya seolah-olah ia sudah pernah menang dalam berperang).

Saat ini melalui askes internet (Facebook, Twitter atau BBM) kita dapat melihat bagaimana orang-orang dengan mudah memegahkan diri/menonjolkan diri melalui status yang ia tuliskan. Oleh karena itu, Firman Tuhan mengingatkan agar kita tidak boleh memegahkan diri kita secara berlebihan. Apa yang kita miliki hingga saat ini merupakan anugerah Tuhan semata. Jika kita harus bermegah, kita pun harus bermegah karena Tuhan (1 Kor 1:31).

Selamat pagi dan selamat berkarya untuk Tuhan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s