Ezer Kenegdo

Renungan hari Senin 13 Oktober 2014: Janganlah ingat-ingat hal yang dahulu

Leave a comment

Yesaya 43:18-19: Firman-Nya:”Janganlah ingat-ingat hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara (Unang be paingot-ingot hamu angka na masa najolo, jala unang be pingkiri hamu angka na robi: Ida ma: Bahenonku ma na imbaru, nunga pola martumbur nuaeng; tung so tandaomuna ma i? Songon do tahe, bahenonku ma dalan di halongonan, angka batang aek di tano bangkalbangkal).

Isaiah 43:18-19 “Forget the former things; do not dwell on the past. 19 See, I am doing a new thing! Now it springs up; do you not perceive it? I am making a way in the desert and streams in the wasteland.

Ada dua hal yang kita lihat dari ayat renungan ini untuk kita lakukan: Melupakan hal-hal yang lalu. Dalam kehidupan ini pastilah kita pernah mengalami kekecawaan dan kegagalan, atau mungkin pernah memiliki masa lalu yang buruk, kenangan yang pahit atau pernah diperlakukan tidak adil. Tetapi Firman Tuhan mengatakan, “Janganlah ingat-ingat hal yang dahulu”. Mengapa ??? Allah hendak membuat sesuatu baru. Firman Tuhan berkata, Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara,”

Banyak sesuatu yang baru kita temukan dalam setiap hidup kita, karena memang setiap hari berkatnya selalu baru kita terima. Ia selalu memiliki rancangan yang indah dalam hidup kita, rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan (Lih. Yer.29:11) dan kita tahu, bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu, untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia (Lih.Roma 8:28). Maka apa yang harus kita lakukan ? Ambil langkah iman (act in faith) yaitu iman yang berfokus pada masa depan (jangan ingat hal-hal yang dahulu, tetapi mari mengalami hal-hal baru bersama Tuhan).

Selamat pagi dan selamat memulai aktifitas dalam seminggu ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s