Ezer Kenegdo

Renungan hari Senin 6 Oktober 2014: Malaikat Di Utus Melayani Orang Percaya

Leave a comment

Ibrani 1:14: Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan ? (Nda saluhut nasida tondi parhobas, angka na sinuru, mangurupi angka sitean haluaon i? )
Hebrews 1:14 Are not all angels ministering spirits sent to serve those who will inherit salvation?
Malaikat tidak hanya terlibat dalam perkara-perkara sorgawi, tetapi juga dalam hal-hal yang di bumi ini. Allah mengutus para malaikat untuk melayani umatNya, contohnya:- ketika Daniel dimasukkan ke gua singa. Maka pada saat singa hendak menerkam Daniel, Tuhan mengirimkan malaikat-Nya untuk mengatup mulut singat tersebut (Lih. Daniel 6:20-23), sehingga Daniel selamat dari kematian. Begitu Juga ketika Elia berada dalam tekanan dan menjadi putus asa karena dikejar-kejar oleh Izebel. Dia duduk di bawah sebuah pohon arar dan ia merasa lebih baik mati karena tidak tahan lagi menghadapi pengejaran Izebel, tetapi Tuhan mengirimkan malaikat-Nya untuk membawa roti bakar dan kendi yang berisikan air kepada Elia (Lih. 1 Raja19:4-8), malaikat itu menolongnya sampai dua kali sehingga Elia memiliki tenaga yang sangat kuat untuk berjalan menuju gunung Horeb.
Surat Ibrani pasal 1 ini fokus membicarakan tentang Kristus, dituliskan bahwa Kristus lebih tinggi daripada malaikat-malaikat, dan semua malaikat-malaikat tunduk kepada-Nya/menyembah-Nya (1:6). Sampai saat ini, Tuhan masih tetap mengutus malaikat-Nya untuk menyertai kehidupan setiap orang percaya dan seringkali kita tidak menyadari akan kehadiran malaikat tersebut di dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, ketika kita berada dalam kesesakan dan keputusasaan, percayalah kepada Tuhan! Dia tidak pernah separuh-separuh dalam menolong kita. Pertolongan Tuhan itu selalu sempurna dan tepat pada waktunya, Dia punya berbagai cara untuk menolong umat yang dikasihiNya. Salah satunya melalui pelayanan malaikat yang Dia utus, karena mereka itu berada di bawah kuasa Tuhan.
Selamat pagi dan selamat memulai aktifitas hari ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s