Ezer Kenegdo

Renungan hari Selasa 7 Oktober 2014: Dosa Mengintip, Hati-hati dengan Amarahmu

Leave a comment

Kejadian 4:7: Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu, ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya (Nda songon on do? Molo na denggan diula ho i ma hadirgakon ni bohi, alai molo so diula ho na denggan, mangonggop dosa i di lambung pintu mangkalungunhon ho, alai ingkon ho mangarajaisa.
Genesis 4:7 if you do what is right, will you not be accepted? But if you do not do what is right, sin is crouching at your door; it desires to have you, but you must master it.”
Wajah yang muram muncul ketika kita kehilangan sukacita dalam hati kita, dan itu terlihat dengan wajah yang cemberut, mata melotot dan mulutpun melengkung ke bawah. Maka secantik/seganteng apapun wajah kita akan menjadi jelek ketika marah, apalagi wajah jelek akan semakin menyeramkan ketika marah hehehee… Dan banyak kerusakan akan timbul karena kemarahan, bisa mengakibatkan cepat tua dan mendatangkan penyakit.
Memang wajar kalau manusia pernah emosi sehingga kita kesal dan marah, tetapi lewat kisah Kain dan Habel kita diingatkan bahwa ada dosa yang mengintip di depan pintu, yang sangat menggoda dan siap menerkam kita apabila kita tidak bisa menguasai emosi kita. Emosi yang tidak terkendali menjadi lahan subur bagi iblis untuk merusak hati kita agar kita melakukan kejahatan. Itu yang diingatkan Tuhan kepada Kain, ketika Kain marah dan cemburu kepada Habel, namun ia tidak mengindahkan peringatan Tuhan dan terus membiarkan emosinya, akhirnya apa yang terjadi ? Kain membunuh saudaranya Habel.
Firman Tuhan berkata, Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa, janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu” (Ef.4:26). Artinya, di saat kita marah janganlah sampai amarah itu membekas di hati atau menjadi berlarut-larut karena itu adalah dosa. Situasi itu juga mempermudah iblis menguasai hati kita.
Selamat pagi dan tetap semangat di dalam Tuhan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s