Ezer Kenegdo

Renungan hari Sabtu 11 Oktober 2014: Berdoa Menurut Kehendak-Nya

Leave a comment

I Yohanes 5:14: Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya (On do hiras ni rohanta maradophon Ibana: Molo tapangido manang aha marguru tu lomo ni rohana, tangihononna do hita).

1 John 5:14: Now this is the confidence that we have in Him, that if we ask anything according to His will, He hears us.

Salah satu alasan mengapa kita berdoa adalah karena kebutuhan, oleh sebab itu Rasul Paulus berkata, “Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur” (Filipi 4:6). Ketika kita tidak mampu mengungkapkan keluhan, keinginan dan kebutuhan kita secara benar kepada Allah, maka Roh Kudus membantu kita dalam kelemahan kita, Roh itu sendiri berdoa untuk kita (Rom.8:26). Oleh karena itu, tidak ada doa yang benar tanpa pertolongan Roh Kudus, sebab Roh Kudus membuat doa kita sesuai dengan kehendak Allah.

Meminta kepada Allah di dalam doa tentu tidak salah, tetapi dengan motivasi yang benar dan sesuai dengan kehendak-Nya. Seperti renungan pagi ini, Yohanes mengingatkan, “”Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.” (1 Yohanes 5:14). Jadi bukan kehendak kita, yang perlu dalam berdoa kita harus percaya, mengamininya, dan berdoa tanpa keraguan akan janji-Nya itu.

Pastilah banyak kerinduan kita saat ini. Kitapun berdoa menyampaikannya kepada Allah, bahkan tak putus-putusnya kita memintanya dalam doa. Namun janganlah berdoa hanya karena kita membutuhkan pertolongan-Nya, tetapi lebih dari itu, kita berdoa karena kita menyadari bahwa sumber kekuatan kita bukan diri kita sendiri tetapi pada Yesus Kristus. Oleh karena itu tetaplah berdoa (I Tesalonika 5:17), karena doa adalah persekutuan dengan Bapa, berbicara-bercakap-cakap atau berkomunikasi dengan Bapa melalui Yesus Kristus.

Selamat pagi dan selamat berbicara kepada Bapa kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s