Ezer Kenegdo

Renungan hari Kamis 9 Oktober 2014: Bukti kita telah diselamatkan dengan melakukan perintah-Nya

Leave a comment

Keluaran 20:2: Akulah Tuhan, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan” (Ahu do Jahowa Debatam, na paruarhon ho sian tano Misir, sian bagas parhatobananmu”)

Exodus 20:2 “I am the LORD your God, who brought you out of Egypt, out of the land of slavery.

Peristiwa keluaran dari Mesir merupakan pusat pengalaman iman Israel. Allah yang bertindak demi kepentingan mereka. Peristiwa keluaran bukan hanya menunjukkan jati diri Jahwe, melainkan juga jati diri Israel. Israel mulai dikenal sebagai umat Allah justru pada peristiwa keluaran.

Perikop ini adalah tentang Sepuluh Perintah Allah yang menjadi kunci hukum Taurat. Dalam perkembangannya, kelompok Farisi membuatnya amat detail hingga mencapai 631 hukum. Sebaliknya, Yesus meringkaskannya menjadi padat dalam dua perintah saja: “mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa dan dengan segenap akal budi, dan mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri”. Tentu saja para penerima hukum tersebut (orang Israel) diharapkan untuk dapat memperhatikan dan melakukan perintah-perintah ini, sehingga mereka tidak lagi berbuat dosa dan melahirkan ketaatan kepada Allah.

Mematuhi perintah Allah karena kita telah merasakan bagaimana karya Allah dalam hidup kita, melalui kematian Yesus Kristus yang telah membebaskan kita dari perbudakan dosa sehingga kita memiliki hidup yang kekal. Bukti bahwa kita memiliki kehidupan kekal adalah mengasihi Kristus dan ketaatan melakukan perintah Allah.

Selamat pagi dan selamat melakukan kasih-Nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s