Ezer Kenegdo

Renungan hari Jumat 10 Oktober 2014: Melakukan Tugas Pelayanan dengan Sepenuh Hati

Leave a comment

Kolose 4:17: Dan sampaikanlah kepada Arkhipus: Perhatikanlah, supaya pelayanan yang kauterima dalam Tuhan kaujalankan sepenuhnya (Dok ma tu si Arhippus: Jaga ho ditohonan, na jinalom dibagasan Tuhan i, laho mangaradotisa! )

Colossians 4:17 Tell Archippus: “See to it that you complete the work you have received in the Lord.”

Sebagai orang Kristen pasti kita sering mendengar kata “pelayanan”, bahkan hampir semua anak Tuhan mau terlibat dalam pelayanan karena melayani Tuhan adalah suatu anugerah. Bentuk Pelayanan adalah Melayani. Banyak orang lebih suka dilayani daripada melayani. Padahal kita sudah jelas mengetahui bahwa Tuhan Yesus datang ke bumi ini untuk melayani bukan untuk dilayani. Tuhan Yesus mau mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa seorang hamba dan taat sampai mati (1 Yohanes 3:16; Filipi 2:5-8).

Apa tujuan kita melakukan Pelayanan ? tentu saja untuk Memuliakan Tuhan, bukan untuk mencari kekayaan, bukan mencari nama agar kita terkenal. Karena itu, Jangan sampai kita mencuri kemuliaan Tuhan. Biarlah kita yang semakin kecil, Tuhan yang semakin besar (Yohanes 3:30). Ingatlah segala sesuatu yang kita kerjakan, Tuhanlah yang mengerjakannya untuk kita (Yesaya 26:12). Oleh karena itu, tetaplah mohonkan urapan dan kuasa Roh Kudus untuk menguasai hati dan keinginan dalam setiap pelayanan, supaya pelayanan yang kita terima dalam Tuhan dapat kita jalankan dengan baik dan benar, sebab ada banyak orang yang tidak melakukan pelayanannya dengan sepenuh hati. Maka bila saat ini kita sedang bekerja di ladang Tuhan, marilah kita bekerja dengan sebaik mungkin sehingga setiap pelayanan kita mampu memenangkan jiwa-jiwa bagi Tuhan Yesus.

Melayani tidak hanya di Gereja, tetapi dapat juga kita lakukan di lingkungan rumah kita, di tempat pekerjaan kita, di mana pun kita berada, kita dapat melayani Tuhan. Perlu kita ketahui, Allah memperhatikan kesetiaan kita dalam hal-hal yang kita lakukan. Meskipun kita mengira bahwa apa yang kita lakukan masih kecil atau besar, kurang atau mungkin tidak diperhatikan atau dihargai, tetapi Allah memperhatikan apa yang kita lakukan. Itulah makna terdalam dari ajakan Paulus: “Lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus” (Kol.3:17).

Selamat pagi dan selamat berkarya untuk Tuhan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s