Ezer Kenegdo

Ringkasan Khotbah Minggu 5 Oktober 2014

Leave a comment

Yesaya 5:1-7 (Kita Kebun Anggur Tuhan)

Kalau kita mendengar kata anggur, kita tentu akan langsung mengerti dan membayangkannya buah yang manis. Tetapi perikop minggu ini justru menggambarkan sisi sebaliknya. Padahal berbagi cara dan usaha telah dilakukan Sang Pemilik kebun, Ia menantikan kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik/manis. Tetapi sungguh tak disangka, begitu panen dilakukan, rasa anggur yang dinanti berbeda dari harapan. Anggur yang seharusnya manis, ternyata asam.
Sungguh kecewa hati pemilik kebun. Dalam kekesalan dan kemarahan yang meluap, Dia menebang pagar durinya dan merobohkan tiang-tiang penyangga batang-batang anggur supaya binatang-binatang buas memakannya atau menginjak-injak kebun itu, dia akan membiarkan jika rumput-rumput atau semak-semak duri tumbuh disekitar kebun itu. Kebun itu tidak lagi dirantingi dan disiangi, serta hujanpun tidak akan turun lagi atasnya.

Kehidupan yang berbuah adalah perintah Tuhan, dan sekaligus juga potensi dan kemampuan yang telah Tuhan tanamkan di dalam diri kita, pada waktu Tuhan hendak menciptakan manusia. Allah memberkati manusia : “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah …”
Bagaimana caranya supaya hidup kita menghasilkan buah ? Kehidupan iman yang berbuah adalah bila hidup kita selalu berada dalam Kristus. Itu sebabnya, Yesus meminta kita tinggal di dalam Dia dan menjadi ranting-rantingNya. Yesus tidak meminta kita menjadi diri kita sendiri, menjadi pohon kita sendiri, tetapi menjadi bagian dari diriNya, menjadi ranting-rantingNya. Diluar Kristus kita tidak akan menghasilkan apa-apa.
Lalu buah apa yang sudah kita hasilkan? Tuhan tidak peduli berapa lama kita sudah menjadi Kristen, Tuhan tidak peduli apa jabatan kita di gereja, yang ia cari dalam hidup kita adalah buah yang kita hasilkan: buah yang manis atau buah yang asam. Tentu saja, bersama Kristus kita pasti menghasilkan buah yang baik/manis.

Selamat beribadah dan selamat berbuah-buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s