Ezer Kenegdo

Renungan hari Kamis 2 Oktober 2014: Berani Bernazar Maka Harus Berani Melakukannya

Leave a comment

Kejadian 35:3: Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel, aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh (Beta ma hita nangkok tu Betel, asa hupauli disi sada langgatan di Debata, na mangalusi ahu di ari hagogotanki, jala didongani ahu di dalan na hudalani).

Genesis 35:3 Then come, let us go up to Bethel, where I will build an altar to God, who answered me in the day of my distress and who has been with me wherever I have gone.”

Allah yang mengetahui isi hati Yakub, lalu Allah menyuruhnya pergi ke Betel dan mendirikan mezbah bagi Allah. Sebab di Betel dulu Yakub pernah bertemu dengan Tuhan melalui mimpinya di dalam pelariannya. Di Betel juga Yakub pernah bernazar, “jika Allah menyertai dan melindunginya, mencukupkan segala kebutuhannya (makanan dan pakaian), dan selamat sampai di rumah ayahnya. Maka ia akan mendirikan rumah Allah” (Kej. 28:20-22). Ternyata Yakub lupa akan nazarnya, bahkan Yakub belum mentahirkan dirinya dan keluarganya dari dewa-dewa berhala. Itu sebabnya, Allah mengingatkan Yakub dengan menyuruhnya untuk kedua kalinya ke Betel, Yakub juga diingatkan untuk mendirikan mezbah bagi Allah.

Ketika manusia berserah, Allah akan bertindak. Demikian halnya dengan Yakub, ketika ia berserah dan melakukan apa yang diperintahkan Tuhan, maka ia dan keluarganya selamat tiba di Betel karena tidak ada satupun dari bangsa-bangsa asing yang berani mengusik (mengejar dan menganggu) perjalanan mereka.
Apakah kita pernah bernazar kepada Allah ? Nazar adalah sebuah janji yang harus ditepati, karena memenuhi nazar merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang yang telah bernazar (seperti Yakub setelah ia memenuhi nazarnya, maka ia dan seluruh isi rumahnya menemukan kebahagiaan dan keselamatan). Bernazar itu baik, sebagai wujud kegairahan penyerahan diri kepada Tuhan. Namun lebih baik kita tidak bernazar jika kita tidak bisa memenuhinya karena itu mengakibatkan dosa.

Selamat pagi dan selamat beraktifitas buat hari ini…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s